Prediksi Piala Dunia

Bale Mission Possible

QQ36

MADRID – Bermain dan meraih jumlah gol seperti yang dilakukan Cristiano Ronaldo sepanjang kariernya  di Real Madrid memang misi yang tidak mungkin bagi Gareth Bale. Namun, menggantikan peran CR7 di Los Merengues bisa menjadi “Mission Possible”atau misi yang mungkin saya diwujudkan bintang asal Wales tersebut. Targetnya adalah membuat permainan Los Merengues tetap efektif tanpa CR7. Targetnya membawa Madrid meraih kemenagan dalam banyak pertandingan. Dengan GB11– julukan Bale– itu bisa diwujudkan.
Madrid kini mulai mencoba hidup tanpa CR7 yang telah bergabung ke Juventus. Kepergian bintang asal Portugal tersebut memberikan efek menurunnya jumlah gol madrid. Sejak kehadiran Ronaldo pada 2009/10, jumlah gol Madrid memang meningkat. Di La Liga contohnya.
Kecuali musim lalu, Madrid selalu berhasil menembus angka 100 gol. pada musim pertama, Los Merengues, menorehkan 102 gol di La Liga. Jumlah itu terulang kembali pada musim berikutnya. Bahkan pada 2011/12, ketika Ronaldo mencetak 46 gol di La Liga, gol Madrid pun meningkat pesat mencapai 121 gol.
Ya, pelatih Madrid saat ini, Julen Lopetegui, akan mencoba membuat timnya tidak khawatir dengan deretan statistik atau angka-angka yang mengagumkan tersebut. Pertama, dia meiliki pemain yang pada 2013 datang dengan status pemain termahal dunia saat itu: 91 euro! Gelandang sayap yang dapat menjadi penyerang, pemain yang memiliki kecepatan di atas rata-rata pemain lain. Hanya karena keberadaan Ronaldo yang membuat Bale tidak muncul ke permukaan. Perannya juga di batasi dengan kebijakan pelatih dan kondisinya yang tidak fit.
Namun, Bale memiliki cara tersendiri untuk membuat suporter Madrid  mengingatnya.
Terakhir, dalam final Liga Champions musim lalu, gol salto yang diciptakannya  memberikan pesan bahwa semua penilaian tentang kemampuannya sangat keliru. Ketika Ronaldo tenggelam, Bale dalam laga lawan Liverpool tersebut justru menjadi bintang besar. Bale menenggelamkan CR7 dalam laga tersebut.
Aksi tersebut juga memberikan makna bahwa dirinya butuh ruang yang lebih besar. Sebuah tim tanpa Ronaldo. justru menjadi situasi yang boleh jadi ideal bagi pemain 29 tahun ini. Tentu saja, Madrid hingga kini masih mencoba mencari profil penyerang murni. Nama seperti Mauro Icardi, Robert Lewandowski, bahkan Harry Kane, masuk dalam radar. Namun, untuk saat ini, Bale akan mencoba mengarahkan spotlight ke arahnya sendiri.
Laga lawan Manchester United (MU), Rabu (1/8) pagi WIB, akan menjadi panggung mantan pemain Tottenham Hotspur ini.
Ada sejumlah laga ketika Madrid tidak dapat menurunkan Ronaldo, Bale justru tampil mengesankan.  Dalam 27 pertandingan yang dimainkan Bale ketika Ronaldo absen,  hasilnya justru mengagumkan.  Dia membawa Madrid meraih 21 kemenangan, 2 imbang, dan hanya empat kekalahan. Artinya, Madrid mencapai persentase kemenangan 78 persen ketika tanpa Ronaldo dalam starter tapi bersama Bale dalam sejumlah laga tersebut. Tentu saja, itu merupakan rata-rata yang bagus.
Persentase kemenangan tersebut tentu pula karena faktor kolektivitas tim, dalam hal ini bukan hanya peran Bale. Meski demikian, efek Bale dalam sejumlah tersebut besar dan penting. Total, dia mampu menorehkan 22 gol atau rata-rata menciptakan O,81 gol pertandingan sepanjang tampil ketika Madrid tanpa Ronaldo.
Peluang hati
Keputusan pelatih, khususnya Zinedine Zidane, yang kerap mencadangkan  membuat dirinya kecewa.  Isu soal Bale akan dijual pun semakin kuat.
Apalagi, fakta bahwa dalam lima musim di Madrid, dia hanya tampil dalam 14.enit dari kemungkinan 26.340  menit.
“Saya meminta agen saya untuk berbicara dengan Madrid soal ini,”kata Bale, ketika itu.
Namun dengan gol dalam final dan kemudian diikuti kepergian Ronaldo, situasinya kini berbalik.  Madrid sangat berharap kepada Bale. Agen Bale, Jonathan Barnett, yang semula akan melalukan pertemuan dengan Presiden Florentino Perez, membatalkan rencana itu karena mulai musin ini, Bale akan dapat kesempatan lebih besar.
Ketika bermain bersama Ronaldo, Bale rata-rata mampu mencetak satu gol setiap 112 menit. Sedangkan tanpa Ronaldo, mencetak satu gol setiap 114 menit. perbandingannya tidak terlalu jauh. namun, untuk misi rata-rata menorehkan 50 gol permusim dalam semua ajang tentu akan sulit. Tapi, tentu itu bukan tidak mungkin diraih Bale.***

Poker